Sabtu, 04 Mei 2013

Menjadi Sosok yang Menginspirasi Siswa

Inspirasi merupakan kata yang paling tepat bagi sesuatu yang dapat mempertahankan motivasi dalam jangka waktu yang sangat panjang. Seseorang yang terinspirasi oleh sesuatu, misalnya setelah menonton sebuah film, untuk mencapai tujuan atau keinginan tertentu akan memiliki semangat yang sangat kuat untuk mewujudkan keinginan tersebut.

Dalam pembelajaran, guru yang dapat menjadi inspirasi bagi siswa-siswanya akan memberikan daya dorong intrinsik bagi mereka untuk belajar. Selain itu, dorongan tersebut akan tetap bertahan dalam ingatan anak bahkan sampai mereka dewasa. Guru yang dapat menjadi inspirasi akan menjadi pelita hidup mereka. Mungkin banyak diantara kalian yang masih mengingat satu atau dua guru setelah puluhan tahun berlalu karena perilaku atau karakter mereka yang mengagumkan, sehingga kalian sangat ingin menjadi seperti itu. Demikianlah kekuatan dari inspirasi.

Muin (2010) menjaelaskan bahwa karakter guru yang dapat menginspirasi terutama dari 4 kriteria berikut:

  1. seorang yang terus belajar
  2. kompeten
  3. spiritualis
  4. kreati
Dalam kenyataan sehari-hari, pengalaman kita mungkin bervariasi seribu satu jenis karakter dan perilaku guru yang membuat kita tetap mengidolakan dan menjadikan mereka sebagai salah satu acuan hidup kita hingga saat ini. Sepertinya ada baiknya jika kita berbagai mengenai karakter atau perilaku guru yang masih tetap kita kagumi hingga saat ini. Mudah-mudahan kita bisa saling belajar, terus belajar dan saling menginspirasi.

27 komentar:

  1. Karakter Guru yang masih saya ingat yaitu Guru SMP yang memotivasi siswa dengan cara memberikan hukuman kepada siswa yang nilainya rendah ketika ulangan. pada saat itu, berbagai hukuman yang diberikan Guru kepada siswa yaitu membersihkan kamar mandi, membersihkan kelas, di denda dan dipukul menggunakan penggaris kayu. dengan memberikan hukuman itu siswa dapat termotivasi untuk lebih rajin belajar agar tidak terkena hukuman lagi. Selain itu, Guru tersebut sangat kompeten dalam mengajar, cara mengajarnya cepat tapi bisa dimengerti oleh siswa.
    dan menurut saya, Guru itu termasuk Guru inspiratif karena dari ciri-ciri Guru inspiratif di atas, Guru tersebut sudah memiliki ciri-ciri di atas yaitu terus belajar, kompeten, spiritual dan kreatif.

    BalasHapus
  2. Karakter dan perilaku guru yang membuat saya tetap mengidolakan dan menjadikan beliau sebagai salah satu acuan hidup saya hingga saat ini adalah guru olahraga sewaktu saya SMP. Beliau sudah mangajarkan saya arti keikhlasan dalam melakukan sesuatu. Salah satu contohnya adalah ketika ada famili dari siswa/siswi yang meninggal, beliau selalu menyempatkan diri untuk tahlil, padahal rumah beliau cukup jauh. Beliau juga guru yang spiritual. Inilah yang membuat saya termotivasi untuk selalu belajar dengan ikhlas.
    Beliau adalah guru inspiratif yang mampu membuat saya termotivasi untuk mencontoh karakter dan perilaku beliau. Beliau tetap terus belajar mengenai materi pelajaran maupun praktik olahraga dengan baik dan beliau juga kompeten dalam bidang olahraga, misalnya main voli, sepak bola, sepak takraw, badminton, renang dan lain sebagainya. Beliau juga kreatif dalam mengajar maupun melakukan praktik olahraga, sehingga apabila beliau yang mengajar di kelas maupun di lapangan, saya dan siswa/siswi yang lainnya selalu semangat untuk belajar kreatif di bidang olahraga.

    BalasHapus
  3. Selama saya belajar ada salah satu guru yang menginspirasi saya, yaitu guru di MTs dimana guru tersebut memotivasi siswanya dalam belajar dengan cara menunjuk beberapa siswa untuk menjawab pertanyaan yang beliau ajukan sebelum memulai pelajaran baik mengenai materi yang sudah dipelajari atau materi yang akan dipelajari dan yang dapat menjawab akan mendapat nilai, sehingga siswa dapat termotivasi untuk belajar dan menurut saya beliau dapat dikatakan guru yang kreatif . selain itu guru tersebut menurut saya juga kompeten karena ketika menjelaskan materi sangat jelas dan mudah dimengerti dengan menggunakan bahasa yang tidak sulit dimengerti ( komunikatif ). Beliau juga spiritual karena beliau tidak pernah lupa pada akhir pelajaran memberikan nasihat-nasihat yang baik terhadap siswanya. Maka dari itu saya memilih guru tersebut sebagai inspirasi saya dalam mencontoh karakter dan cara beliau dalam mengajar.
    Terima kasih………

    BalasHapus
  4. Salah satu karakter guru yang saya ingat dan ingin menjadi seperti beliau yaitu guru Pengajar IPA SD kelas 6 . Menurut saya, Beliau termasuk karakter guru yang disebutkan oleh (Muin,2010).
    ..Terus belajar
    Disela-sela istirahat saya melihat beliau membaca buku, yang artinya meskipun beliau seorang guru namun tetap mau belajar.
    ..Kompeten dalam mengajarkan pembelajaran, dapat menguasai kelas, disegani siswa, memberikan kesempatan berpendapat dengan aturan mengacungkan tangan, mengenal hampir semua muridnya serta penjelasannya dapat mudah dipahami sehingga teman-teman menyenangi beliau termasuk saya.
    ..Spiritual
    Beliau termasuk sosok guru yang spiritual. Tidak perhitungan dalam mengajar, memberikan Bimsus tanpa meminta bayaran bahkan mengajarkan suatu keterampilan di luar bidang study yang diampu. Beliau rajin berpuasa Senin&Kamis, sempat beliau berkata : “ saya merasa senang, baru pertama kali ini ada siswa yang mau menemani saya berpuasa” saat itu diantara kami ada yang berpuasa karena mengganti puasa wajib.
    ..Kreatif
    Dengan mengajarkan keterampilan selain bidang study, menurut saya beliau merupakan sosok guru yang kreatif. Beliau tidak hanya mengajar pelajaran yang diampu namun juga mengajarkan kerajinan, kesenian, menggambar peta beberapa menit sebelum pelajaran berakhir. Hal ini memotivasi saya, untuk menjadi calon guru yang kreatif.
    Misalnya, setiap 10 menit diakhir pelajaran beliau menyuruh siswa untuk membuat peta dengan bimbingan yakni beliau yang menggambar di papan sedangkan siswa menirunya di buku gambar. Jika belum selesai maka dilanjutkan pada pertemuan berikutnya diakhir pelajaran. Hasil kerajinan membuat gambar batik dipajang di dinding kelas sebagai reword pada siswa dengan hasil karya terbaik. Ini merupakan salah satu bekal dan motivasi bagi siswa untuk lebih kreatif dan tidak hanya terpaku pada teori serta hafalan misalnya pada IPS yang banyak menghafalkan masing-masing ibu kota di setiap negara.

    BalasHapus
  5. Karakter guru yang tetap ada dibenak saya yaitu guru saya pada saat kelas 1 sekolah dasar (SD), dimana beliau telah memotivasi saya menjadi siswa mandiri sejak dini,kerena setiap hari beliau mnjadikan saya sebagai penjaga kantin pada saat istirahat, dengan itu saya dapat melatih kemandirian saya, disamping itu saya juga tidak repot-repot meminta uang saku kepada orang tua karena mendapat upah setiap harinya,
    Beliau juga guru yang sangat sabar menghadapi beberapa siswa yang berkelakuan aneh tiap harinya, kesabarannya dapat menjadi contoh bagi saya. karena menurut saya seorang profesor sekalian belum tentu bisa mengajar anak kelas 1 SD, Atas kesabaran dan keuletannya beliau tidak pernah dipindah kekelas lain,karena tak ada lagi guru disana yang dapat mengajar kelas 1 SD dengan baik, dan menurut saya beliau adalah guru yang sukses.

    BalasHapus
  6. Salah satu karakter guru yang masih saya ingat yaitu guru SD saya. Saya terinspirasi kepada beliau karena beliau sabar dalam setiap kali mengajar. Beliau tidak membeda-bedakan siswanya dan beliau juga kreatif dalam mengajar, dan karena kekreatifan yang beliau berikan kepada siswanya dapat dimanfaatkan oleh saya sampai sekarang. beliau selalu memberikan reward kepada siswa yang mampu menjawab pertanyaannya.sehingga dari reward tersebut siswa dapat termotivasi untuk terus belajar. Dan beliau juga pernah memberi hukuman kepada siswa yang tidak mengerjakan tugas rumah. Beliau berkata bahwa hukuman itu diberikan agar siswa dapat disiplin dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas rumah. Dan disetiap akhir pertemuan, beliau juga menyempatkan untuk memberi saran kepada siswanya. nasihat yang sering kali saya dengar adalah tugas dari seorang guru dan siswa. Menurut beliau, guru dan siswa sama-sama tetap belajar. Kalau guru tidak belajar, maka bisa-bisa guru dikalahkan oleh siswa-siswanya.sebenarnya siswa bisa seperti guru, tetapi siswa malas untuk belajar sehingga siswa tidak bisa seperti guru. Tetapi, suatu saat nanti kalian pasti akan merasakan kebenaran dari ucapan saya ini kalau diantara kalian ada yang bercita-cita menjadi seorang guru. Tetaplah belajar agar cita-cita kalian dapat terwujud. Begitulah nasihat yang selalu beliau berikan kepada siswanya.
    Beliau adalah guru inspiratif yang membuat saya ingin seperti beliau. Beliau tetap terus belajar , kompeten, spiritual dan kreatif.

    BalasHapus
  7. menurut pengalaman saya,guru yang masih saya ingat dan bahkan saya kagumi yaitu guru SMA saya, karna saat beliau memberikan sebuah pembeljaran bagi siswanya ia mampu untuk menginsprirasi siswanya saat belajar,beliau sering berkata"menjadi guru adalah sebuah kehormatan"karena beliau sangat bahagia dapat membagi ilmu kepada murid-murid,tak henti ia terus berjuang untuk mengarahkan siswanya saat belajar dan berperilaku yang baik. menurut beliau profesi seorang guru adalah amanah yang sangat besar,sehingga harus dijalani dengan melibatkan kemampuan intelektual dan disertai dengan usaha dan doa.

    BalasHapus
  8. Menurut pengalaman saya selama belajar disekolah, saya kagum pada salah satu guru Kimia waktu SMA, dan saya merasa termotivasi untuk selalu belajar kimia sehingga waktu itu saya selalu giat dalam belajar kimia. Menurut saya beliau merupakan sosok guru yang sukses dalam memotivasi siswa, karena beliau sangat kreatif dan inspiratif dalam mengajar. walaupun kimia itu adalah salah satu mata pelajaran tersulit dalam pelajaran IPA, namun dengan cara mengajar dan metode yang digunakan oleh beliau semua teman-teman merasa lebih mudah dan menyukai pelajaran kimia. beliau adalah guru yang sangat humoris, namun dengan sifatnya yang humoris itu tidak membuat siswanya lenyap dalam kelucuannya itu namun beliau tetap mampu membuat siswanya paham terhadap materi yang disampaikan. beliau selalu mengadakan quiz dengan waktu yang sudah ditentukan disetiap akhir pertemuan, dan menurut saya itu adalah metode yang cukup bagus untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa.
    Beliau juga merupakan salah satu guru yang selalu belajar, sehingga beliau sangat menguasai semua materi kimia dan dapat menjelaskan dengan baik pada siswa-siswanya. beliau juga sangat telaten jika ada siswanya yang konsultasi mengenai materi yang belum dipahami. oleh sebab itu saya merasa sangat termotivasi untuk selalu belajar khususnya pelajaran kimia.

    BalasHapus
  9. Musfiroh,.

    Dari pengalaman belajar, guru yang saya segani yaitu Guru pengajar Matematika pada saat saya SMA. Menurut saya, Guru tersebut masuk dalam karakter Guru yang dapat menginspirasi dalam belajar. Dari cara mengajarnya yang sangat jelas, dan jika ada siswa yang berbicara sendiri, maka siswa tersebut dipanggil dan disuruh mengerjakan soal yang diberikannya. Jika siswa tersebut tidak bisa menyelesaikan atau menjawab soal, maka siswa tersebut masih tidak diperbolehkan duduk sampai siswa tersebut bisa. Dari sikap guru yang demikian dapat membuat siswa mau belajar dan memperhatikan penjelasan Guru.
    Kemampuannya menguasai materi (kompeten) dibuktikan dengan selalu menjawab pertanyan siswa. Selain itu, Beliau juga dapat merubah siswa, dari yang tidak bisa sampai menjadi bisa.
    Dalam mengajar, Beliau selalu mengajarkan cara-cara yang termudah sampai yang tersulit. Dengan Hal itu, Beliau dapat dikatakan bahwa Beliau juga selalu belajar.
    Beliau juga dikatakan Guru yang kreatif, karena dalam memotivasi siswanya selalu ada saja hal baru (mis: cara mengajar) yang Beliau lakukan, sehingga siswa termotivasi dan dapat menerima pelajaran dengan baik.
    Selain mengajar mata pelajaran Matematika, Beliau juga mengajarkan dan menghimbau agar selalu menjaga diri dengan baik dari pergaulan yang tidak baik. Dan Beliau juga sering memberi contoh yang baik kepada siswanya. Sehingga banyak siswa termasuk saya yang menyegani Guru tersebut, karena Beliau tudak hanya memerintahkan, namun juga memberikan contoh yang baik di depan siswa-siswanya.

    BalasHapus
  10. mungkin sosok yang paling saya suka ketika msih mengikuti jenjang pendidkan MA adalah bapak Nur Hidayat. beliau adalah sosok yang disegani dalam kelas di tambah beliau adalah wali kelas. beliau sangat mengayomi anak didiknya sehingga anak didiknya merasa nyaman. disaat siswa ada masalah mengenai pelajaran, maka beliau selalu memberi bimbingan dan memberi solusi yang bisa saya lakukan. jika masalah menyangkut guru pengajar maka beliau akan berkonsultasi pada guru mengajar agar siswanya dapat menyukai pelajaran yang diajar guru tersebut.
    jika suatu saat saya menjadi guru. saya ingin sekali menjadi seperti bapak nur hidayat yang bisa mengayomi dan memberi kenyaman bagi siswa sehingga siswa dapat termotivasi dalam belajar

    BalasHapus
  11. Guru yang menginspirasi dianataranya :
    1. Guru bahasa inggris sekaligus gru les SD (bapak Joni K). Menurut saya beliau adalah guru terkreatif yang pernaha saya temui. Waktu saya SD dulu , beliau selalu membuat pembelajaran menjadi menyenangkan tetapi tetap bisa dikontrol, yang paling saya suka adalah semua kata baik itu kata kerja,benda,sifat,nama buah,petujuk,dll semua dibuat dalam lagu yang waktu memang lagi ngetrend, misal pada nama – nama buah dikemas dalam lagu“cicak rowo”, sehingga semua kata dalam b.inggris menjadi mudah dihafal, karena strategi ini sangat sesuai dengan tahap anak SD yang masih dalam tahap bermain. Menurut saya dengan menggunakan strategi diatas menunjukkan bahwa guru bahasa inggris saya masuk dalam kategori guru inpiratif yang ditunjukkan oleh kekreatifan beliau. Selain itu beliau juga berusaha mengemas pembelajaran menjadi lebih terkonsep, dimana prinsip beliau dalam belajar bahasa inggris kuasai grammar terlebih dahulu baru ke writing dan speaking, sehingga proses belajar bahasa inggris saya lebih terarah, oleh karena itu, waktu SD – SMP minat belajar pada bahasa inggris sangat besar dibandingkan SMA dan kuliah.
    2. guru matematika waktu SMP ( bapak Chudori ). Memang sulit menilai guru yang kompeten, namun menurut saya guru MTK waktu SMP cukup kompeten dalam menyampaikan materi bukan dilihat dari bagaimana beliau menjelasakan materi beliau berusaha membuat trik – trik khusus agar materi tersebut mudah dipahami dan ingat oleh siswa. Misal pada rumus kecepatan, beliau menggunakan trik rumus segitiga dalam membolak balik rumus. Menurut saya guru MTK saya termasuk dalam 2kategori guu inspiratif yaitu kompeten dan kreatif , karena dibidang MTK seorang akan kesulitan membuat trik – trik khusus jika tidak benar – benar memiliki pemahaman yang sangat kuat.
    3. guru bahasa daerah ketika SMP( alm. Bapak Busra’i), ketika SMP beliau selalu memperhatikan tingkah laku anak – anak. Menurut saya beliau sangat perhatian, namun perhatian yang diberikan tidak berlebihan, saya ingat waktu dulu siswa diwajibkan turun ketika memasuki areal sekolah, hal ini menunjukkan bahwa beliau ingin siswa untuk memiliki sopan santun. Menurut saya beliau termasuk dalam kategori spiritual.
    4. guru bahasa inggris ketika SMA, menurut saya beliau termasuk menginspirasi saya, beliau terus belajar walaupun sebenaranya cara mengajarnya tidak sebagus guru b.inggris waktu SD. Ketekunan beliau ditunjukkan dengan disela –sela waktu luangnya beliau selalu menghafal kata – kata dikamus. Walaupun sebenarnya bagi saya ingatan itu tidak begitu berkesan karena dengan cara mengajarnya yang kurang bagus membuat minat belajar saya pada pelajaran b.inggris menjadi turun.

    BalasHapus
  12. guru yang menginspirasi saya sampai saat ini yaitu bapak Kadarisman guru matematika SMA saya.Ada banyak sosok beliau yang membuat saya dan teman-teman saya suka terhadap beliau.
    menurut pribadi saya, beliau adalah guru yang kompeten.beliau sangat menguasai materi yang beliau ajarkan. setiap permasalahan yang ada dapat dipecahkan. beliau selalu mengaitkan dengan sekitar siswa. saya sangat menyukai cara mengajar beliau. beliau selalu memancing agar siswa-siswinya selalu aktif. saat pembalajaran anak-anak tidak mudah tertekan malah dapat menghibur saya dan yang lainnya.beliau selalu menyuruh siswa-siswinya memutar musik, boleh makan permen. meskipun begitu suasana kelas tetap kondusif. beliau juga guru yang mencontohkan untuk menjadi orang yang dermawan. beliau tidak membeda-bedakan siswanya, miskin, kaya, pintar, dan kuran pintar, semuanya mendapat perhatian yang sama. beliau juga yang selalu mendorong saya untuk selalu belajar dan meyakinkan saya bahwa saya akan sukses. beliau tidak pernah memarahi siswanya. kesabaran inilah yang membuat saya dan teman-teman sangat menyukainya.
    beliau juga sering mengingatkan saya untuk tidak sombong.

    BalasHapus
  13. Menurut pengalaman belajar saya dari MI sampai MA adalah guru sewaktu MA (Bpk Agus Sutaji). Beliau adalah sesosok guru yang sangat humoris, dan memeiliki 4 kriteria dalam guru inspiratif. Dalam mengajar beliau meyampaiakan materi serius namun setelah menyampaikan materi beliau mengajak siswa bercanda sejenak agar siswa merasa jenuh. Namun kehumorisannya tersebut tidak membuat siswa terlena karena hanya diselingi humor yamg tidak berlebihan (sedikit). Selain itu, guru tersebut juga masih terus belajar karena dengan terus belajar akan lebih menambah pengetahuaanya. Sehingga mengakibatkan guru tersebut akan lebih kompeten dalam artian lebih menguasai materi yang akan diajarkan, hal tersebut terbukti saat pembelajaran berlangsung. Selain mengajarkan materi, guru tersebut juga merupakan guru spiritualis karena dalam mengajar beliau menyelingi dengan keagamaan seperti saat menayangkan video tentang ibu kemudian beliau menyampaikan dengan kata-katanya sendiri. Selain itu, beliau juga kreatif misalnya pada saat pembelajaran saat diakhir pembelajaran mengadakan quiz hal tersebut bertujuan agar materi yang disampaikan paham.

    BalasHapus
  14. guru yang saya kagumi bahkan menjadi inspirasi bagi saya sampai saat ini adalah ibu IRA beliau guru MAN saya,dan beliau merupakan guru bahasa indonesia. awal saya menyukai pelajaran bahasa indonesia pada saat beliau yang menjadi guru pengajar. cara beliau mengajar santai namun memperoleh hasil yang baik,maksudnya memperoleh hasil baik disini, beliau dalam mengajar bisa menjadikan siswa siwanya mengerti bahkan merasa nyaman diajarinya,meskipun proses pembelajarannya santai. selain itu beliau tidak keras,bahkan beliau orangnya penyabar. namun dengan kesabarannya itu beliau menjadi disegani oleh siswanya.sehingga disaat beliau mengajar tidak ada yang berbicara sendiri.karena semua memperhatikan penjelasannya. beliau tidak pernah marah didalam kelas,karna memang tidak ada siwanya yang membuat onar,seperti berbicara sendidri didalam kelas.beliau hanya menggunakan satu cara dalam mengajar,yaitu apabila ada siswanya yang berbicara sendiri atau bebicara dengan temannya, beliau langsung menegur dan menyuruh mengulang apa yang telah dijelaskannya tadi. beliau juga sosok yang sangat bijaksan,tutur katanya yang halus dan penampilannya yang rapi.oleh sebab itu saya sampai saat ini masih menginspirasikan beliau sebagai inspirasi bagi saya. kana nnanti saya juga akan menjadi guru.

    BalasHapus
  15. Karakter guru yg msh saya ingat, dan dapat menginspirasi saya dalam belajar yaitu:
    1. Guru IPA wktu MI kelas 6 (Homaidi), beliau merupakan guru favorit saya, beliau adalah sosok guru yang mmbuat saya termotivasi terutama dalam belajar IPA. Kemampuannya dalam mengajar IPA sudah sangat baik (kompeten) beliau juga telaten dalam mengajar. Jika di sela2 pelajaran siswa merasa bosan, beliau sangat kreatif, yg di lakukannya adalah dengan memberikan cerita-cerita lucu, permainan, dll. dan beliau adalah sosok guru yang humoris, disiplin, dan patut di jadikan contoh buat saya. Di samping itu, beliau juga menjadi pembina pramuka, ketika pramuka beliau aktif dalam melatih pramuka terutama pada saat perkemahan. Menurut saya beliau adalah sosok guru yang dapat menginspirasi saya, memotivasi saya, terutama nasehat beliau kepada saya tidak akan pernah terlupakan..
    2. Guru Matematika waktu SMA (M. Hafifi), beliau merupakan sosok guru yang membuat saya juga termotivasi dalam belajar, yang saya ingat kepada beliau yaitu ketika ada sebagian siswa yg terlambat, beliau memberi hukuman kepada siswa tersebut, hukumannya yaitu di suruh menyanyi. Tujuan mmbrikan hukuman seperti itu agar siswa datang tepat waktu ketika jam pelajaran berlangsung. Dismping beliau mempunyai kemampuan yang sangat baik dalam mengajar, menguasai materi, beliau jg kreatif, menciptkakan suasana yang kondusif dalam kelas tetapi menyenangkan, sehigga saya juga menyukai sosok guru yg seperti beliau.
    3. Guru vocal (Ust. Mufid). Beliau merupakan sosok guru yang spiritual menurut saya, di samping beliau juga mempunyai kemampuan vocal yang sangat bagus, beliau juga mempunyai sifat sabar, ikhlas, telaten dalam melatih muridnya, terutama dalam mengajar qiro'ah dan sholawat. Beliau juga memotivasi saya dalam belajar terutama dalam hal vocal, selalu memberikan nasehat yang baik bagi saya dan teman-teman saya. Semoga bermanfaat.. :)

    BalasHapus
  16. Kalau menurut saya, guru yang menjadi idola dan dan termasuk guru yang inspiratif salah satunya adalah guru matematika waktu SMA. Beliau sangat kompeten dan telaten dalam mengajar. Apalagi pelajaran matematika yang kebanyakan siswa tidak banyak yang paham tetapi beliau terus membimbing dan mengajar kami dengan sabar. Selain itu, beliau juga sering memberi PR dan saya jadi termotivasi untuk belajar jika ada PR. Saat ulangan beliau juga detail dalam mengatur tempat duduk maupun mengatur kondisi kelas sehingga tidak ada contek mencontek dan saya juga suka dengan kedisiplinan beliau. Semua itu sangat menginspirasi saya dan saya ingin menjadi guru yang disiplin, sabar, dan telaten seperti beliau dalam mengajar.

    BalasHapus
  17. Menurut saya, guru yang masih saya ingat sampai sekarang adalah bapak Abd. Qadir Jailani. Beliau adalah guru PKN saat saya duduk dikelas XI SMA. Beliau termasuk guru yang humoris tetapi tetap serius dalam mengajar. Saya terinspirasi terhadap beliau karena kehumorisan beliau. Jika saya menjadi guru, saya ingin seperti beliau yang ingin memotivasi siswa-siswa saya dengan sedikit bercanda tetapi tetap serius. Dengan demikian siswa tidak akan merasa jenuh dengan materi-materi yang akan saya sampaikan. Siswa yang tadinya merasa ngantuk biasanya akan tertarik dan akan mengikuti pelajaran dengan baik tanpa ada rasa ngantuk dengan adanya humor-humor yang diberikan di sela-sela pelajaran.

    BalasHapus
  18. Selama saya duduk di bangku sekolah dan merasakan manisnya dunia pendidikan, saya pribadi mempunyai guru yang bisa memotivasi sekaligus menginspirasi saya dalam belajar, beliau adalah Dina Wahyu Tri Arini beliau guru mata pelajaran Kimia,meskipun saya tidak suka dengan pelajaran itu, tetapi saya suka dengan cara mengajar beliau yang penyabar dan penuh dengan kasih sayang, saya terus berusaha untuk mencoba dan mencoba, beliau tidak merasa bosan mengajari saya hingga akhirnya lambat laun saya bisa meskipun sedikit, beliau tetap berusaha mengajari saya dengan penuh keyakinan karena beliau berkata “tidak ada manusia yang terlahir dengan kebodohan”, Oleh sebab itu saya berusaha dan merasa yakin bahwa saya bisa mempelajarinya.suatu saat beliau menyuruh saya mengerjakan soal dan pada saat itulah saya bisa menyelesaikannya.sejak saat itu saya mulai merasa tumbuh keyakinan. Dari itu saya pribadi sudah menganggap beliau sebagai orang tua di sekolah.

    BalasHapus
  19. Saya terinspirasi dengan guru SMP saya yaitu bapak Syamsuri guru Agama. Beliau dalam proses belajar mengajar tidak hany a memperhatikan kognitif saja melainkan beliau lebih menanamkan kedisiplinan dan attitude yang baik. Dengan membiasakan siswa-siswi disiplin artinya siswa-siswi tersebut memiliki tanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Suatu kejadian pada saat proses pembelajaran teman saya telat masuk kelas, namun oleh beliau tidak diperkenankan untuk masuk kelas karena siswa tersebut memiliki sikap dan kedisiplinan yang kurang baik. Setelah pelajaran selesai beliau meminta anak tersebut untuk menghadap ke ruang guru, dan beliau menasehati sambil disuruh menulis surat pernyataan. Dengan kejadian tersebut siswa benar-benar dituntut untuk memiliki sikap dan kedisiplinan yang baik.

    Seperti yang dijelaskan oleh guru besar atau dosen Hera pada saat memberikan kuliah tamu bahwa paling utama harus dimiliki seseorang yaitu attutude yang jika dijumlahkan jumlahnya 100% bukan kepintaran, kekayaan ataupun yang lainnya tapi sikap. Sikap yang baik akan menjadi sebuah kesuksesan. Selain itu beliau sabar dalam membimbing siswa-siswinya. Dalam proses mengajar beliau bukan guru kurikulum yang terpaku pada buku melainkan guru yang kreatif dalam mengajar. Hal yang membuat saya termotivasi, beliau tidak pernah berhenti menambah ilmunya. Pada saat jam kosong beliau selalu membaca buku. Hal yang seperti itulah yang membuat saya termotivasi dan terinspirasi pada beliau. Terima kasih

    BalasHapus
  20. MUHAMMAD EKO
    selama saya berada dalam dunia pendidikan ada seorang guru yang memutivasi saya untuk jadi lebih baik dalam belajar yaitu (K.Romzi ataullah) beliau memutvasi anak didiknya dengan memberi hafalan setiap pertemuan dan setelah menghafalkan semua kemudian didiskusikan sehinga lebih banyak yang mengerti dan yang tidak hafal di berdirikan sampai jam pelajaran berhenti, kata yang masih beliau katakan yaitu semua akan jadi ringan apabila di lakukan dengan ikhlas dan berusaha tidak mengenal kata lelah.dengan adanya mutivasi yang di berikan pada saya dan teman teman jadi termutivasidan selalu sabar dalam menghadapi masalah yang di hadapi terutama dalam pelajaran

    BalasHapus
  21. Santi Dwi Cahyani

    Menurut saya guru yang saya ingat tidak hanya satu orang tapi ada satu guru yang karakternya sangat menonjol yang menjadi insprirasi saya. Guru yang selalu saya ingat sampai sekarang adalah guru kimia pas SMA yaitu Bu Elly. Saya sangat suka cara mengajar beliau. Beliau disiplin, ramah, murah senyum (saya suka banget kalau lihat beliau senyum) , pintar, jarang marah dan juga selalu menasehati siswanya supaya selalu belajar dengan cara memperbanyak latihan (“diulang2 terus sampai kalian paham, saya juga orangnya pelupa tapi karena saya selalu mengulang materi setiap tahun makanya saya jadi ingat” kata beliau). Beliau selalu greget jika siswanya tidak bisa menjawab soal akan tetapi meskipun greget dia tetap tidak bosan untuk mengulangi materi yang belum dipahami siswanya. Cara menjelaskan beliau sangat pelan tapi pelannya tu pasti sehingga saya mudah memahami penjelasan beliau. Perkataan beliau yang masih saya ingat sampai saat ini adalah “Belajar memang membosankan tapi dapat membuahkan hasil”. Meskipun saya belum bisa memahami kimia dengan baik sampai saat ini, mudah-mudahan karakter yang dimiliki beliau dapat melekat juga pada diri saya kelak ketika saya menjadi seorang guru. Amiin,

    BalasHapus
  22. Assalamualaikum.Wr.Wb
    Saya taufikurrahman. Menurut saya Guru yang saya ingat betul waktu SMA namanya Pak.Henky, beliau cara mengajarnya cepat dalam menyampaikan materi, dan selain cepat beliau gemar menulis di papan, kenapa saya bilang gemar menulis, karena dalam 2 pertemuan hampir siswanya 5 ksli menghapus papan tulis, tulisannya pun hanya beliau yang dapat mengerti seendiri (tak etemmo paddhuna aliyas tong-calentong), itulah yang bikin masuk dalam ingatan jangka panjang.

    BalasHapus
  23. menurut saya, semenjak saya duduk di bangku SMA Materi yang paling saya sayangi adalah materi BIOLOGI karena yang mengajar (guru) menurut saya termasuk dalam kreteria yang di atas karena beliau termasuk dalam kategori seperti ini:
    1. Berpenampilan Menarik
    Guru harus berpenampilan menarik, terutama tampak pada penampilan wajah yang berseri-seri, selalu tersenyum dalam setiap bertemu dengan muridnya. Kondisi ini yang mencerminkan pribadi guru yang memiliki inner beauty (keindahan atau kecantikan dari dalam diri guru
    2. Berkomunikasi Dengan Baik
    Guru harus bisa berkomunikasi dengan baik. Ucapannya enak didengar, jelas (pesan tersampaikan dengan tepat), menyejukkan, memotivasi, dan memberikan inspirasi, walaupun dalam konteks tertentu guru bisa bisa berkata tegas.
    3. Menjadi Sahabat Siswa
    Seorang guru merupakan sosok yang diharapkan dapat menerima dan mengerti perilaku siswa, kemampuan empati ini semestinya harus terus-menerus diasah untuk menunjukkan karakter bersahabat. Perilakunya tercermin dari kemampuan dasar mendengar, menghargai, dan menerima pendapat siswa, bersikap terbuka, memeprlihatkan antusiame kepada siswa, dan dapat bekerja sama. Karakter ini dapat memperlakukan siswa sebagai sosok manusia yang dikasihi, bahkan seorang teman yang dapat dipercaya.
    4. Kinerja Sepenuh Hati
    Semua aktivitas guru harus dilakukan dengan sepenuh hati. Perasaan emosi bahkan secara spiritual guru melibatkan diri secara penuh dalam melakukan tugasnya dalam pendidikan
    5. Pelayanan Maksimal
    Guru selalu memberikan pelayanan maksimal kepada siapa pun terutama kepada murid. Guru selalu peduli dan proaktif dalam memberikan pelayanan kepada peserta didiknya. Tugas utama guru adalah memfasilitasi yang dimaksud pada hakikatnya sebagai perwujudan bentuk pelayanan guru kepada muridnya (guru sebagai pelayan). Pelayanan dapat dilakukan oleh guru secara maksimal jika ia memiliki kepedulian yang tinggi kepada kehidupan muridnya. Inti pelayanan terletak pada bagaimana guru mampu mempermudah dan memperlancar murid agar terdorong belajar secara aktif. Dengan kata lain, pelayanan guru diarahkan pada “student centered” (berpusat pada siswa) bukan “teacher centered”(berpusat pada guru). Berbagai kesulitan yang dihadapi setiap murid harus dipahami oleh guru sehingga ia mampu memberikan pelayanan yang tepat.

    BalasHapus
  24. NOER IMAMATIL ASYIYAH
    Menurut saya salah satu contoh guru yang bisa menjadi inspirasi pada saya ialah guru yang tepat waktu dan mempunyai kometmen dalam mengajarnya.
    Guru inspirasi bagi saya pada waktu MTs dalah guru matematika dimana seorang guru ini bisa membaca daya fikir dan kemampuan siswa bahwasanya siswa sulit memahami dari materi yang diajarkan sehingga ia berusa keras untuk meyakinkan bahwa kita itu sebenarnarnya bisa. Dimana dalam jangka 3bulan guru ini berusaha menyediakan waktu untuk memberikan pelajaran tambahan tentang matematika tanpa mengenal waktu walaupun dari pagi sampai sore pulangnya tidak ada masalah dan selalu memotivasi bahwasanya bahwasanya untuk mencapai kesuksesan butuh pengorbanan bukan kekayaan
    Guru inspirasi itu bukan karena ketampanan dan kepintarnya dalam ilmu ataupun merangkai kata namun bagaimana seseorang guru itu bisa meyakinkan siswa bahwasanya apapun yang kita inginkan pasti bisa kita capai, dan guru harus mampu menarik perhatian siswa dalam dalam menyampaikan motivasi sehingga siswa mampu memahami dan memikirkanya apa yang telah disampaikan oleh guru.

    BalasHapus
  25. Anisyatul Mahmudah

    Karakter guru yang saya idolakan sampai saat ini yaitu guru SMA. Seorang guru Bhs.indonesia (pak hari nurdi) dengan cara mengajarnya yang menyenangkan. Artinya ketika beliau mengajar dan siswanya bertanya karena tidak mengerti tentang materi yang beliau sampaikan. Beliau menjelaskan dengan telaten dan dengan sabar ketika menghadapi siswa itu. Beliau juga humoris kepada siswanya dan tidak sampai marah-marah ketika siswa tersebut membuat masalah. Hanya saja beliau menegur siswa tersebut. Sikap beliaulah yang membuat saya mengidolakan sampai sekarang. Sabar , telaten dan humoris.

    BalasHapus
  26. Bismillah..
    Saya sangat setuju. Dalam pembelajaran, guru yang dapat menjadi inspirasi bagi siswa-siswanya akan memberikan daya dorong intrinsik bagi mereka untuk belajar. Selain itu, dorongan tersebut akan tetap bertahan dalam ingatan anak bahkan sampai mereka dewasa. Guru yang dapat menjadi inspirasi akan menjadi pelita hidup mereka. Di bangku SMA tepatnya kelas X saya mendapatkan pelajaran kimia (Dasar), ini adalah pelajaran baru yang harus saya pelajari selama saya berada di bangku SMA. Guru pengajar kimia di kelas X seorang pria kemudian digantikan oleh guru wanita (ibu Atin), dikarenakan bapak pengajar kimia ada acara penting di Oman. saya sangat terinspirasi sangat mengidolakan beliau pada saat bagaimana beliau memberikan materi dan dapat menciptakan suasana yang nyaman dan cocok ketika mengajar seperti criteria yang disebutkan diatas. Dari ibu guru yang sangat saya inspirasikan, saya terdorong untuk tertarik dan terus mempelajari kimia. Hingga pada akhirnya ketika lulus SMA dan harus menentukan jurusan program pendidikan apa yang akan saya pilih saat kuliah nanti. Saya memilih jurusan S1 pendidikan Kimia di UM (SNMPTN Undangan), SNMPTN tulis, SPMB I&II di UNESA S1 pendidikan Kimia, namun dari semua tes tersebut tidak membuahkan hasil. Karena saya sangat terinspirasi dan mengidolakan guru kimia yang mengajari saya ketika di bangku SMA, akhirnya saya menentukan untuk kuliah di Wiraraja (FKIP) karena di dalamnya ada pelajaran yang sangat saya sukai. Selain guru kimia yang saya idolakan memiliki criteria seperti yang disebutkan, beliau selalu menghargai hasil kerja siswa- siswanya dan selalu mengajari siswa sampai mengerti.

    BalasHapus
  27. Faiqotul Hidayah PAI
    Assalamualaikum.wr.wb
    Subhanallah,,,sosok yang sangat menginspirasi saya hingga saat ini yaitu Ibu guru SD saya yang sangat variatif dan sekaligus saat itu beliau juga menjabat sebagai kepala sekolah, tepatnya ketika saya kelas VI. sosok beliau yang ramah, rajin, disiplin dan juga selalu berpenampilan rapi membuat saya benar-benar mengidolakan beliau ( pengen jadi guru ) apalagi beliau tidak hanya menyuguhkan muridnya dengan mata pelajaran saja tapi beliau juga selalu memberikan motivasi di setiap pelajaran berlangsung yang intinya selalu menyerukan betapa pentingnya pendidikan meskipun sebagai perempuan yang nanti ujung-ujungnya larinya kedapur,,, kebetulan di lingkungan saya kebanyakan teman-teman yang putus sekolah dan kebanyakan hanya sampai di tingkat SD saja, walaupun ada juga yang lulus dari SD kemudian langsung di pasrahkan ke pesantren salaf yang ujung-ujungnya kebanyakan teman-teman yang perempuan yang lulus dari SD dan mondok hanya sekitar 3 tahunan lalu di nikahkan oleh orang tua mereka . akhirnya dengan penuh tekad saya utarakan keiginan kepada orang tua kalau saya mau di taruh di pondok asalkan yang ada sekolah formalnya juga, orang tua pun menyetujui walaupun akhirnya perjuangan saya hanya bisa sampai di tingkat SMA saja karena setelah lulus dari SMA beliau langsung menetapkan pernikahan saya. tapi Alhamdulillah Allah mengabulkan doa dan impian saya selama ini saya karena saya mempunyai seorang suami seorang guru yang juga mendukung saya untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi. Subhanallah benar-benar beliau guru Idola saya hingga saat ini beliau adalah sosok inspirasi saya. semoga nantinya saya bisa menjadi sosok guru yang selalu bersemangat dan bisa ispirasi.Amin...

    BalasHapus