Senin, 29 April 2013

Ada Stimulus (Guru Membimbing) Maka Ada Respon (Siswa Belajar)

Proses belajar dari kacamata ahli behaviorisme adalah suatu interaksi yang baik antara stimulus dari lingkungan dengan respon yang timbul dari diri siswa (berupa aktivitas belajar). Hasil akhir dari proses belajar seharusnya adalah berupa perilaku yang nyata, bukan hanya dalam mental.

Jika anjing Pavlof saja dapat mengalami pembiasaan (pengkondisian), apalagi pada diri siswa. Melalui proses  pengkondisian yang positif dan konsisten, sekolah tentunya dapat mengarahkan sebagian besar siswanya untuk berperilaku baik. Karakter yang terwujud dalam perilaku sehari-hari yang baik akan menjadi jaminan bahwa generasi kita ke dapan dapat berbicara banyak dalam kancah internasional.

Terdapat banyak aspek eksternal yang berpengaruh terhadap diri siswa di sekolah. Teman-teman, struktur sekolah, suasana kelas, kebersihan, peralatan dan banyak hal lainnya adalah contoh dari sekian banyak stimulus yang mestinya diperhatikan untuk kesuksesan proses KBM. Namun diantara semua itu, aspek guru merupakan stimulus yang paling besar pengaruhnya. Bagaimana semangat, kreativitas, ketekunan dan kesabaran guru dalam mengajar akan menentukan proses pengkondisian siswa dalam belajar.

Sayangnya masih banyak guru yang kurang menyadari posisi sentral dirinya. Mereka masih sibuk menyalahkan kurangnya sarana, buruknya kurikulum, orang tua yang tidak mendukung, ekonomi masyarakat dan lain sebagainya. Seandainya kesadaran akan posisi sentral itu dimiliki, maka keterbatasan dari aspek-aspek lain pasti (saya sangat yakin) akan teratasi. Sejarah dan kehidupan kita saat ini membuktikan bahwa setiap aspek manusia jauh lebih penting dari aspek-aspek yang lain.

Jadi, mulailah persiapkan diri kita untuk menjadi layak bagi posisi penting tersebut.

Kasus untuk Dipikirkan:
Dari sekian banyak kondisi dalam diri guru yang mempengaruhi kesuksesannya dalam mengajar, menurut kalian kondisi apa yang paling penting dan substansial?

33 komentar:

  1. Seorang guru adalah panutan, seperti pepatah "Gurunya kencing berdiri, maka muridnya kencing berlari"... Itu sebenarnya suatu pesan moral dimana seorang guru tidak hanya mengajar (seharusnya), akan tetapi juga memberikan teladan yang baik. COntohnya saja, Jika guru tidak gemar membaca tapi memotivasi muridnya untuk terus membaca dan menggali wawasan dunia lewat kegiatan membaca tersebut...

    Yang paling substansi dalam diri guru adalah "guru sebagai F I G U R E ", jadi selayaknya seorang guru memberi contoh figure yang sebenarnya (bukan Topeng semata, tentunya)...

    Itu saja,,,,,,,
    A B D F A Q I H
    ( 7 1 2 . 7 . 1 . 0 1 5 4 )

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum wr. wb
    Ruka'iya(712.7.1.0813)
    menurut saya yang sangat berpengaruh adalah kondisi siswa,,, seorang guru seharusnya bisa membaca dan memahami kondisi dan karekteristik siswa serta budaya kelas...... hal tersebut sangat penting untuk diketahui lebih awal oleh seorang guru. maka dari itu,, seorang guru harus memiliki metode-metode pembelajaran yang membuat siswa senang dan mengikuti pelajaran dengan baik......
    may be.. just it...............................
    wassalamualaikum wr. wb

    BalasHapus
  3. menurut saya hal yang paling penting adalah kompetesi guru disegala aspek, artinya guru tidak hanya kompeten dalam memberikan pengetahuan, namun juga harus kompeten dalam memotivasi siswa dalam belajar, baik dalam memunculkan tujuan belajar dalam diri siswa , memunculkan kepercayaan diri, mengembangkan kerja kooperatf serta dapat menjadi guru yang inspiratif. untuk menumbuhkan motivasi diatas memang tidak mudah, butuh kesabaran, ketekunan dari seorang guru.selain itu, kemampuan guru dalam mengkreasi pembeljaran agar tidak membosankan bagi siswa juga sngat penting.
    jadi menurut saya hal yang paling penting adalah kompetensi (kemampuan) guru di segala aspek serta kepribadian guru yang baik agar menjadi figure yang dapat ditiru oleh muridnya.

    BalasHapus
  4. assalamualaikum
    kalau menurut saya hal terpenting yang harus dimiliki oleh seorang guru yang baik adalah akhlak(tingkah laku) karena kebanyakan siswa khususnya saya yang masih mengalaminya saat ini, saya melihat guru itu awalnya dari luar yaitu akhlak dan kepribadiannya karena akhlak yang dimiliki oleh seorang guru adalah bentuk atau hasil belajarnya selama ini, sebagaimana dalam dalam pribahasa telah dikutip sebagai berikut "semakin tua maka padi akan semakin merunduk" seperti halnya akhlak kita, semakin kita memiliki ilmu yang tinggi semakin baik pula akhlak kita, maka dari itu sebagai calon guru supaya proses pembelajaran sukses maka sebaiknya kita memperbaharui akhlak kita, karena seorang siswa akan mengikuti setiap apa yang dicontohlkan oleh gurunya.
    wassalamualaikum

    BalasHapus
  5. Mengajar bukanlah hal yang mudah dilakukan oleh setiap guru atau pendidik, karena kita harus tau bagaimana atau cara apa yang akan kita lakukan agar sisiwa kita senang akan pelajaran yang kita berikan dan dapat menerima serta memahami pelajaran tersebut. Menurut pendapat saya aspek yang paling penting dalam kesuksesaan mengajar seorang guru yaitu terletak pada kondisi siswa, kita harus memperhatikan kondisi siswa dan mencari metode serta pembelajaran yang sesuai dengan kondisi tersebut, tidak mungkin mungkin kita memaksakan memberi teori atau pelajaran disaat kondisi siswa sedang kacau, kita harus bisa tenangkan terlebih dahulu baru memberi materi. Motivasi juga dapat menjadikan salah satu hal yang penting bagi siswa, karena apabila kita telah berhasil memotivasi siswa maka secara spontan siswa akan memiliki tujuan, entah itu tujuan dalam jangka pendek ataupun jangka panjang, dan hal itu akan memudahkan kita dalam mengajar. Selain itu kita juga menerapkan kebiasan yang baik di dalam sekolah dan di luar sekolah agar apa yang kita lakukan dapat di contoh oleh siswa, karena tugas seorang guru selain memberi ilmu tentang pelajaran juga wajib memberikan ilmu tentang tingkah laku yang baik (akhlak).

    BalasHapus
  6. Bagi saya semua kondisi(keperibadian,pedagogik,profesional,sosial,jiwa pemimpin DLN) yg harus d miliki oleh seorng guru semuanya sangat penting krn jika saya pikir semua kondisi itu saling berkaitan dan harus di miliki oleh setiap guru. Tp jika saya melihat keadaan yg telh terjdi sekrng, guru itu d bedakan mejdi dua yaitu gUru PNS dan bukan PNS dengan adanya dua hal tersebut maka timbulah kondisi yg sangat berpengaruh, padahl tugs meraka sma yaitu membangun anak muda(murid) yg cerdas dan ber ahqlak mulia.
    Sehingga timbullah Kondisi yg sangat berpangaruh dalm diri guru PNS dan yg bUkan PNS adlh totalitas merka dlm proses KBM, seprti yg saya lihat guru yg sudah menjdi PNS meraka totalitasnya menurun krn mereka merasa sudah terjamin deng profesinya dan begtu pula dengan yg bukan PNS totalitas merka menurun krn merka merasa law pembelajaran yg dy lakukan sama tp hasilnya(bayrannya) berbeda jauh dengan guru yg sudah menjdi guru PNS dan guru yg belum menjd PNS jga akn mempuyai niat yg salh yaitu keinginannya menjdi seorng guru PNS bukan perkembngan muridnya . Nah hal tu selain menunjukan kondisi totalitasnya menurun dan ketulusan mengjarnya juga kurang.

    Jika saya hrus memberi saran saya berharap kedua profesi guru tesebut jngan sampai di bedakan krn hal tu sangat bepengaruh bgi dirinya guru dan bahkan pada para muridnya.

    Kalw menurut saya seprti tu pak, terima kasih

    AINUR RIJAL
    712.7.1.0158

    BalasHapus
  7. Rina Yusiyana

    Ibarat bangunan disisi-sisinya pasti terdapat banyak penyangga agar bangunan itu tidak mudah roboh saat menghadapi banyak ancaman dari luar, seperti halnya seorang anak disisi-sisinya juga banyak penyangga salah satunya adalah seorang guru, karena tripusat pendidikan itu bukan hanya di rumah akan tetapi juda di sekolah dan masyarakat. banyak dari guru yang terkadang hanya menjadikan kegiatan mengajar merupakan wujud kewajiban dari profesinya yang nantinya hanya mengarah pada finansial yang berupa materi saja.
    menurut saya kondisi yang paling penting dan substansial yaitu menanamkan ruhul jihad yaitu jiwa pejuang untuk mencerdaskan anak bangsa, yang mana ruhul jihad seorang guru itu bukan memakai alat-alat perang akan tetapi memakai ilmu, metode, kompetensi, sikap yang sebaik mungkin dan sudah sesuia dengan kondisi anak maupun lingkungannya yang sebelumnya sudah di dasari dengan niat jadi bukan karena mengharap materi semata.

    Barokallahu lana (~_~))

    BalasHapus
  8. assalamualaikum pak....

    menurut saya,, yang terpenting untuk menjadi seorang guru yang sukses yaitu tergantung pada karakteristik masing-masing siswa... karena guru di katakan sukses itu,,, guru yang mampu menyesuaikan kondisi dan karakteristik dari masing-masing siswa...
    dan juga guru harus harus mempunyai metode pembelajaran yang sekiranya mengembangkan antusias siswa dan membuat siswa senang akan metode pembelajaran yang di berikan oleh guru tersebut....
    dan yang paling penting lagi guru harus mempunyai akhlak baik, budi pekerti yang baik,kepribadian baik, serta profesional.....
    mungkin itu saja pak.....
    trimakasih,,,,,

    wasslamualikum.wr.wb

    BalasHapus
  9. SITI UMMA
    712.7.1.0185
    Menurut saya pribadi, seorang guru itu tidak hanya mampu menguasai sebuah materi, melainkan ia mampu mengkondisikan atau membentuk karakter yang baik dari anak tersebut, seperti yang pernah saya katakan di dalam kelas bahwa sanya, seorang siswa tidak akan mampu berjalan sendiri tanpa perhatian dan respon yang baik dari seorang guru tersebut....
    pada saat masih jadi seorang pelajar, perasaan ingin tau akan sebuah ilmu masih sangat minim, tapi bukan tidak tumbuh. yang ada di fikirannya hanyalah bermain dan bermain, jadi. disinilah peran guru sangat penting., guru harus mampu menumbuhkan rasa keingin tahuan siswa pada sebuah ilmu, bagaimana caranya,,,? yaitu kondisikan sebaik mungkin karena walau bagaimanapun, pengkondisiaan itu sangatlah penting dalam mendidik atau mencetak kebiasaan anak yang positif. menurut saya seperti itu pak...
    terimakasih.....
    wassalamualaikum.wr.wb

    BalasHapus
  10. Assalamu'alaikum wr.wb
    Seorang guru merupakan profesi yang amat mulia. Mengapa demikian? Sebab guru mengajarkan ilmu kepada siswanya yang mana jika ilmunya itu baik dan bermanfaat maka akan menjadi amal jariyah yang akan terus mengalir meskipun Ia sudah tidak di dunia. Namun, begitu pula sebaliknya jika yang diajarkan tidak baik maka guru akan memperoleh sebaliknya. Oleh karena itu, seorang guru dituntut untuk memiliki kompetensi yang baik, dan yang tidak kalah pentingnya lagi yaitu moral yang baiksebab guru adalah panutan bagi para siswanya. Sebelum mengajar guru sudah harus mempersiapkan dan menguasai materi yang akan diajarkan, memiliki metode-metode yang kreatif agar siswa dapat dengan mudah memahami materi, mengevaluasi serta yang tidak kalah penting yaitu membimbing dan mengajarkan moral yang baik bagi para siswanya.
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  11. elok faiqoh (712.7.1.0162)

    menurut saya salah satu hal yang harus di miliki seorang guru untuk bisa membimbing siswa siswa nya ialah kepercayaan diri jika seorang guru sudah memiliki kepercyaan diri yang kuat otomatis guru bisa mengkondisikan siswa siswa nya dengan baik dan sebalik nya jika seorang guru tidak memiliki kepercyaan diri otomatis guru tsb tidak akan bisa mengkondisikan siswasiswa nya dengan baik maka proses belajar mengajar di kelas akan amburadul atau pun kaca dan nanti bisa juga guru tsb bisa du jadikan ejekan oleh murid nya jika yidak mempunyai rasa percya diri
    jadi oleh karena itulah guru harus mempunyai sebuah kepercayaan diri yang kuat agar bisa meraih kesuksesan nya baik diri nya maupun anak dididk nya

    terima kasih

    BalasHapus
  12. affan wahyudi (712.7,1.0156)



    kesuksesan seorang guru pertama dimulai dari oleh kesabaran nya , tidak memikirkan upah, mempunyai rasa percaya diri yang tinggi,kasih sayang, dan kepribadian nya jika hal tersebut sudah di miliki kemungkinan besar kesuksesan seorang guru akan terlihat hasil dan akan terlihat sampai dimana guru bisa membimbing dan mensukseskan siswa nya dengan baik dan justru sebalik nya jika
    seorang guru tidak memiliki beberapa hal di atas seorang guru itu bisa di katakan belum sukses ataupun blum bisa membimbing siswa nya dengan baik cobalah kita liat seorang guru yg tidak memiliki beberapa hal di atas kebanyakan guru tsb tidak terlalu memikirkan anak didik nya dan tidak terlalu memikirkan terhadap proses belajar mengajar yang baik


    BalasHapus
  13. menurut saya hal yang paling penting dalam diri seorng guru adalah IQ dan ketelatenan beliau ,, dengan dua kunci tersebut insyallah akan tercipta suasana belajar yang kondusif,kreatif n inovatif baik dalam proses pembelajaran dan dalam hal lainnya yang bisa memberi dampak positif bagi peserta didiknya. karena seorng guru merupakan titik tompak suatu pendidikan ,,, .. :) jadi menjadilah guru yang penuh dg kreatifitas yang menarik bagi siswa ,,, semngaaatttt oce para FKIP ,,,

    BalasHapus
  14. menurut saya, pada dasarnya guru adalah seorang pendidik. Pendidik adalah orang dewasa dengan segala kemampuan yang dimilikinya untuk dapat mengubah psikis dan pola pikir anak didiknya dari tidak tahu menjadi tahu serta mendewasakan anak didiknya. Salah satu hal yang harus dilakukan oleh guru adalah dengan mengajar di kelas. Salah satu yang paling penting adalah performance guru di kelas. Bagaimana seorang guru dapat menguasai keadaan kelas sehingga tercipta suasana belajar yang menyenangkan.
    dalam kegiatan belajar siswa sangat dipengaruhi oleh kegiatan mengajar guru, karena dalam proses pembelajaran guru tetap mempunyai suatu peran yang penting dalam memberikan suatu ilmu kepada anak didiknya. Salah satu masalah yang dihadapi guru dalam menyelenggarakan pelajaran adalah bagaimana menimbulkan aktifitas dan keaktifan dalam diri siswa untuk dapat belajar secara efektif. Sebab, keberhasilan dalam suatu pengajaran sangat dipengaruhi oleh adanya aktifitas belajar siswa. Salah satu cara untuk menimbulkan aktifitas belajar siswa adalah dengan merubah kegiatan-kegiatan belajar yang monoton.

    BalasHapus
  15. Moh Rendra Sakti

    Assalamu'alaikum wr. wb

    ketika ada badai bagaimana cara kita untuk menembusnya? tetaplah berjalan disertai dengan keyakinan yang benar. dalam dunia pendidikan sosok seorang guru merupakan pilar penting dalam mengembangkan mutu pendidikan. di ibaratkan badai dunia pendidikan merupakan hal yang harus dijalani oleh seorang guru. dan untuk menjalani itu tidak cukup dengan keberanian dan angan belaka, melainkan dengan niat dan keyakinan untuk mewujudkan seorang guru yang baik dan profesional. kondisi itulah yang harus dilakukan olh seorang guru untuk menanamkan jiwa belajar dan menggapai impian terhadap para anak didiknya. jika itu berhasil otomatis hal itu akan menjadi memori indah sebagai motivasi bagi sang anak didik untuk menggapai impiannya dalam proses belajar.

    Wassalam....
    Salam Damai untuk semuanya...

    BalasHapus
  16. (Mila Rosdiana)
    Assalamu'alaikum Wr.Wb
    Seorang guru adalah sebagai pemimpin bagi dirinya dan bagi anak didiknya.Sebagai seorang pemimpin seharusnya guru memberikan contoh yang baik dan juga bisa memotivasi anak didiknya agar belajar.Hal terpenting dari seorang guru yaitu bisa mengkondisikan kelas dengan baik sehingga tercipta suasana yang menyenangkan dan juga tidak menjenuhkan bagi anak didik dalam belajar.
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  17. marbella
    712.7.1.0174

    Assalamualaikum wr.wb
    menurut saya seorang guru adalah pèndidik profesional yang memilik tugas mendidik,membimbing ,mengarahkan anak didiknya, seorang guru tidak hanya konsentrasi terhadap mata pelajaran namun seorang guru dapat mengamati perkembangan fisik,emosi,mental dan soảng guru mampu mengaitkan seluruh aspek kehidupan anak didiknya.seorang guru háu memiliki metode-metode pembelajaran yang kreatif agar seorang siswa tidah hanya terfokus kepada materi saja,kita sebagai calon seorang guru harus mempunyai media sebagai bahan ẩjar agar anak đidik kita tidak cepat bosán .

    wasssalamualaikum.wr.wb

    BalasHapus
  18. Assalamualaikum wr. Wb
    KUKU INDA PRAWITASARI (712.7.1.0173)
    Menurut pendapat saya, seorang guru dikatakan sukses dalam mengajar . Apabila guru tersebut mampu mengkondisikan kelas agar tercipta suatu ruangan yang baik dan nyaman buat siswa-siswanya dalam menerima pelajaran. Guru juga harus tekun dalam mengajar siswanya, agar pelajaran atau masukan yang kita berikan dapat di mengerti, di pahami, dan di terima oleh mereka. Dan guru disini juga harus memiliki kesabaran yang kuat dalam mengajar siswanya, karena dengan kesabaran itu kita akan dapat mendidik mereka untuk mau belajar dan menerima pelajaran yang kita berikan, dengan kesabaran kita juga memberikan suatu pelajaran akhlak yang baik buat mereka, dengan begitu mereka juga menjadi orang yang penyabar.
    Mungkin itu pendapat dari saya pak…
    Terima kasih

    Wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  19. Menurud saya, yang paling penting skil seorang guru yang yang harus mencangkup semua bidang karna seorang murid bisa berhasil berkat seorang guru yang bisa mengkondisikan siswanya,dan jika seorang guru bisa memngkodisikan siswanya dengan baik dari berbagai karakter,watak,dll semua siswa maka dalam proses belajar mengajar akan berjalan lancar,dan siswa lebih aktif dalam prosesbelajar..seorang guru harus mempunyai trik-trik yang bisa membuat murid-murid antusias dalam belajar bukan menggunakan trik-trik yang mengakibatkan murid-murid menjadi cepat jenuh dan males berfikir.

    BalasHapus
  20. asssalamualaikum wr. wb..
    menurut saya ada hal yang paling penting dalam profesi sebagai guru yaitu mendidik, karena seorang guru seharusnya tidak hanya bertugas untuk menyampaikan materi semata, tetapi seorang guru harus bisa memberi stimulus yang baik pada anak didiknya agar terlahir suatu respon yang baik pula. dan seorang guru seharusnya memberi contoh yang baik pada anak didiknya, seperti baik dalam bertingkah laku. karena seorang guru merupakan panutan bagi anak didiknya.
    mungkin itu saja pendapat saya...
    wassalam

    BalasHapus
  21. Assalamu’alaikum,
    Kalau menurut pendapat saya, kondisi yang paling penting dari dalam diri seorang guru adalah kesabaran. Karena tugas guru tidak hanya mengajar akan tetapi juga mendidik yang mana sangat membutuhkan kesabaran. Kesabaran dibutuhkan untuk menghadapi berbagai macam karakter siswa yang tidak sama antara satu degan yang lain, sehingga seorang guru juga dituntuk untuk kreatif dalam mengatasi perbedaan karakter diatas. Setelah semua pebedaan karakter dapat diatasi maka akan timbul semangat belajar dalam diri siswa untuk tekun dalam belajar, dengan kata lain guru sudah sukses dalam mengajar,..
    Mungkin hanya itu pendapat saya, terima kasih
    Wassalamu’alaikum,.

    BalasHapus
  22. Saya rasa kita bisa mengembalikan ipa contoh yang sederhana saja bahwa teknologi bisa dibentuk oleh ipa tapi dapat juga terbentuk tanpa ipa, tehnologi tampa ipa bisa diibaratkan sebagai mobil yang mesinnya hidup,bergerak maju tapi tanpa sopir.jelas mobil ini amat berbahaya.tapi ketika ada sopir berarti mobil itu amat aman dipakai.jadi sopirnya adalah ipa dan ipa ada dalam tehnologi dan mengendalikan tehnologi.kita bisa melahirkan ipa kembali ketika kita memposisikan diri sebagai orang ipa ketika proses transormasi pengetahuan sebelumnya seorang guru harus mengetahui tipikal siswanya baru kemudian kita meritmenkan metode blajar kita agar siswa tidak jenuh. Guru harus mampu menguasai materi sebelum mengajar dan guru harus bisa mangkondisikan kelas dengan baik agar proses belajar mengajar dengan lancar.buang rasa kurang percaya diri guru harus profesional agar menjadi contoh bagi siswanya agar menjadi contoh bagi siswanya agar mampu mencetak cendikiawan penerus bangsa

    BalasHapus
  23. Muhlihatus Shalehah (712.7.1.0177)

    Assalamu'alaikum Wr.Wb
    Menurut saya seorang guru merupakan faktor utama dalam pembentukan moral, perilaku dan sikap anak. Jadi guru harus betul-betul diniatkan kalau ingin mengubah anak didiknya. Sehingga apa yang diharapkan bisa terwujud. Jika guru mampu mengkondisikan kelas ataupun muridnya, tentu murid juga akan merespon apa yang diperoleh dari hasil belajar. Maka seorang guru harus paham betul karakter dari masing-masing anak didik. Sehingga kita bisa memberikan pelajaran atupun penjelasan kepada anak yang kurang mampu. Dan faktor lain juga salah satunya guru dan siswa bisa berinteraksi dan berkomunikasi dengan baik dan bisa saling bertukar pendapat dalam masalah apapun seperti pendidikan.
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  24. coment saya yang di atas ada kesalahan pak ini yang benar

    Saya rasa kita bisa mengembalikan ipa contoh yang sederhana saja bahwa teknologi bisa dibentuk oleh ipa tapi dapat juga terbentuk tanpa ipa, tehnologi tampa ipa bisa diibaratkan sebagai mobil yang mesinnya hidup,bergerak maju tapi tanpa sopir.jelas mobil ini amat berbahaya.tapi ketika ada sopir berarti mobil itu amat aman dipakai.jadi sopirnya adalah ipa dan ipa ada dalam tehnologi dan mengendalikan tehnologi.kita bisa melahirkan ipa kembali ketika kita memposisikan diri sebagai orang ipa

    BalasHapus
  25. sri nur fatimah
    assalamu'alaikum wr.wb
    guru adalah panutan yang terbaik bagi siswanya. jadi menurut saya sebagai seorang guru selayaknya memberi contoh yang baik kepada siswanya. karna kebanyakan apa yang disuruh oleh seorang guru siswa-siswanya akan patuh untuk mengikuti perintahnya dan apa yang dilakukan oleh seorang guru banyak di ikuti atau di contoh oleh siswanya karna bagi seorang siswa guru adalah panutan yang patut di contoh dan pasti benar dari segi apapun. maka sebagai seorang guru harus memberi contoh kepada siswanya dari segi apapun.
    yang mempengaruhi kesuksesannya dalam mengajar, menurut sayasikap dan tingkah laku dan cara mengajarnya apakah bikin suasana kelas jadi nyaman atau malah sebaliknya.
    seorang guru adalah figur bagi siswa-siwanya jadi seorang guru harus memberi teladan yang baik bagi siswanya. mungkin hanya ini menurut saya.
    wassalam,,,,,,,,,,,,,,,,,

    BalasHapus
  26. Assalamu'alaikum wr.wb

    Guru adalah seorang pendidik yang memiliki tanggung jawab untuk mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan dan mengevaluasi siswa-siswanya. Dalam proses belajar mengajar guru menjadi peran penting dalam pembelajaran karena seorang guru memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan kemampuan anak didiknya. Menurut pendapat saya, yang paling penting dan substansial yaitu guru memberikan metode pembelajaran yang baik yang di sesuaikan dengan kondisi siswanya karena dengan metode pembelajaran yang baik akan membuat siswa senang, mengerti dan memahami materi yang di jelaskan. Oleh karena itu seorang guru harus kreatif dan pintar dalam memilih metode pembelajaran. Selain seorang guru memberikan materi guru juga harus mempunyai tingkah laku(akhlak)yang baik larena seorang guru akan menjadi contoh atau panutan terhadap siswa-siswanya. Mungkin hanya itu saja pendapat saya pak, terima kasih

    Wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  27. moh imanuddin baharsyah (712.7.1.0175)


    menurut saya yang mempengaruhi kesuksesan seorang guru ialah ketelatenan nya terhadap anak didik nya dimana kalo seorang guru mempunyai ketelatenan otomatis dalam proses belajar mengajar akan merasa enak di rasakan oleh anak didik nya justru sebalik nya jika seorang guru tidak mempunyai ketelatenan otomatis anak didik nya tidak akan betah saat belajar mengajar contoh jika seorang guru matematika tidak telaten mengajar anak didik nya maka anak didik nya tidak akan betah pada guru yang mengajar nya itu


    terima kasih ....

    BalasHapus
  28. nur hariri (712.7,1.0179)



    bismillahirrahmanirrahim

    menurut saya kesuksesan seorang guru yaitu karna seorang guru mempunyai sebuah kesabaran yang tinggi jika seorang guru mengajar tnpa mempunyai kesabaran otomatis guru itu akan teurs di gojlok oleh anank dididk nya, nah ketika seorang guru mengajar dengan kesabaran nya maka proses belajar di kelas akan terasa enak dan menyenangkan
    jadi kita sebagai calon guru kalau kita mengajar kita harus mempunyai kesabaran jika kita tidak mempunyai kesabaran maka kita tidak akan pernah sukses dalam mengajar

    BalasHapus
  29. desy Ariesta Safriani


    assalamualaikum wr. wb
    kalau menurut saya semua kondisi yang di miliki oleh seorang guru semuanya sangatlah penting tapi yang terpenting yang harus di miliki oleh seorang guru adalah guru dapat mengusai dan sangat memahami terhadap pelajaran yang akan di ajarkan kepada para siswanya krena apbila guru tidak mengusai secara mendalam maka pedagogik yang dimiliki olrh seorng guru kurang tersmapaikan/tertular ilmunya kepada siswanya sehingga prose KBM kurang efektif dan bahkan tidak efektif
    mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan pak ..
    wassalamualaikum wr wb.

    BalasHapus
  30. ACH SAIFI

    Kondisi yang paling penting untuk di subtasnsikan dalam sekolah yakani membangun semangat siswa dan menejemen sekolah sehingga tercipta suasana belajar yang nyaman terhadap siswa dan melengkapi kebutuhan-kebutuhan atau peralatan proses belajar mengajar, dengan demikian KBM sekolah akan berjalan dengan baik. Selain itu juga sebagai seorangh guru mampu menciptakan suasana belajar mengajar agar siswa tidak mersa bosan dan ngtuk ketika proses belajar mengajar berlangsung.
    Emang sering kita temui di lapangan banyak sekali guru yang tidak menyadari dengan kurangnya sarana dan buruknya kurikulum dan bahkan orng tuapun yang tidak mendukung terhada pendidikan anak, jadi patutlah kiranya kita sebagai penerus atau calon guru bahkan calon orng tua perlu memberikan sarana dan prasarana yang masih belum tercukupi dan mendukung anak didik kita menjadi peserta didik yang berbakat dan juga bisa menjdi seorng guru yang baik dan profesional.

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. Riezka Khoirunnisa'


    Kondisi yang paling penting dan substansial menurut saya adalah kesiapan guru, niat yang tulus dalam proses belajar mengajar serta persiapan metode yang matang dan sesuai dengan kondisi, karakteristik dan keinginan peserta didik. sehingga pada akhirnya akn mencetak guru yang profesional sebagai perwujudan dari tujuan hakekat seorang guru.

    BalasHapus
  33. Guru itu mulia yang harus kita hormati dan sebagai yang kita ketahui bahwa pilot polisi dokter tidak akan ada apa apa nya jikalau tak ada peran guru di dalam nya yang membuat mereka semua sukses..
    Itu saja dari saya sekian terimakasih

    BalasHapus